Joomla & WordPress

Joomla & WordPress

Open-source Content Management Systems (CMS) adalah salah satu bentuk dari Aplikasi Web, Jika melihat dari stabilitas, perfoma dan teknik untuk customize dari CMS sangat terbuka, akan tetapi kini itu bukan masalah yang cukup serius untuk developer skala rendah, dengan hadirnya paradigma “extensibility” yang memungkinkan penggunaan model fitur tambahan dengan plug-ins dapat mempresentasikan kebutuhan dari developer.

WordPress dan Joomla adalah dua CMS open source populer. Keduanya menawarkan kelebihan dari komunitas developer aktif dan dokumentasi yang sangat baik. WordPress adalah pilihan pertama untuk Komunitas Desainer akhir-akhir ini karena back-end yang dirancang sangat baik dan kemampuan untuk menyediakan themes yang sangat baik.

WordPress’ Theming Model

WordPress Theming model adalah dasarnya adalah per-view structure. Artinya ini adalah masing-masing tema, Anda akan ditampilkan masing-masing dari file view untuk daftar posting, tampilan single page, dan halaman archive. masing-masing view berbeda file satu sama lainnya. Developer bisa mengubah masing-masing view tersebut dengan struktur yang sama misal untuk bagian header dan footer, ini bisa menggunakan perintah direct ke masing-masing view (header atau footer).

Joomla’s Content-Based Model

Joomla memiliki pendekatan tema yang cukup berbeda. Template Joomla dibangun pada struktur yang di definisikan pada file index.php. File ini berisi konten statis (yaitu: konten yang sama /umum untuk situs) dan tag template, yang berfungsi sebagai kontekn place-holder dan akan di timpah oleh output dari HTML selama proses render sebuah halaman website.

source inspiration from: smashingmagazine
image taken from: http://risinglynx.com